Tuesday, October 16, 2018

Terlahir Bersama Keanu...


"Oweek, oweek, oweek..." Suara merdu pertama yang saya dengar setelah lebih dari 12 jam menahan mulas kontraksi. Takjub, terharu dan nggak bisa ngomong apa-apa, terlebih saat Keanu ditaruh di dada saya sembari kami berpegangan tangan erat seketika itu juga. Oh my son, ini best moment yang akan Ibu ceritakan saat kamu mulai bandel 10-20 tahun lagi.

Setelah badan ini remuk redam setelah persalinan, akhirnya memutuskan untuk kembali aktif nulis meski bukan tentang review produk kayak biasanya. Harap maklum, emang lagi nggak pakai banyak make-up dan skincare selama hamil. Ehe, ngelesnya pinter kayak bajaj, ya?

Oya, walau saya tahu kebanyakan pembaca katagadis.id bukanlah ibu-ibu, saya harap akan bertambah banyak yang sadar kalau momen-momen selama kehamilan sampai melahirkan itu LUAR BIASA. Patut banget deh buat dikenang sampai jadi tulisan supaya sedikit menginspirasi, kalau bisa sekalian mengedukasi. Bukan jumawa, emang gitu lho kenyataannya!

Perkenalkan anak laki-laki pertama saya, Keanu. Bayi gendut yang lahir dengan berat 3,4 kilo dan panjang 50 centi ini telah berhasil mengubah prioritas hidup saya dan suami. Bayi yang juga punya jambang mirip Bapaknya ini pun telah secara otomatis membuat saya sadar, bahwa memang benar kuasa Allah perihal kelahiran manusia itu benar ada adanya. Allahuakbar...

"Yeay, saya resmi jadi ibu!" Sebuah spirit yang selalu terngiang di telinga karena memang dari kecil menjadi ibu muda nan cantik jelita adalah salah satu cita-cita saya. Keanu dilahirkan, Ibu Silvi pun otomatis dilahirkan. Begitu lah kira-kira.

Uniknya, ternyata menjadi seorang Ibu itu banyak sekali tantangannya. Bayang-bayang baby blues yang awalnya saya cuekin ternyata sempat saya alami setelah beberapa hari Keanu lahir. Nangis sendiri tanpa sebab jelas adalah salah satu cirinya, bahkan bisa sesenggukan kalau lihat anak kita lagi anteng tidur. Ih, norak, ya? Nggak, ini seriusan bisa menimpa siapa saja!

Bukan cuma itu, mencium aroma leher dan nafas bayi kita itu bisa menjadi semacam mood booster. Asem-asem enak, tapi ya emang enak banget! Sesederhana itu saja sudah bisa membuat saya bangga bisa menjadi seorang ibu, terutama buat Keanu.

Yang nggak kalah unik adalah bagaimana cara saya menyikapi kebiasaan-kebiasaan jelek saya sebelum menjadi ibu; mandi & poop lama. Sekarang boro-boro 10 menit, mandi 5 menit saja sudah syukur karena selain nggak tenang ninggalin anak sendirian, rasa cemas kalau dia nangis adalah faktor utamanya. Kalau ini mungkin semua newbie mom mengalami, ya? Tapi emang unik aja gitu.

Dari sekian banyak hal yang saya alami selama kurang lebih sebulan ini mungkin nggak seheboh yang lainnya, tapi saya betul-betul disadarkan betapa peran Ibu adalah tiap mili detik di kehidupan anak-anaknya. Ibaratnya, lengah sedikit, akan ada hal nggak terduga yang terjadi.

Ibu memang luar biasa, bukan cuma kata sinetron atau quotes-quotes dari Google. Bukannya saya memuji diri sendiri, tapi saya angkat topi buat semua Ibu di alam semesta yang telah secara ikhlas memberikan kehidupan bagi anak-anaknya. Peluh dan air mata rasanya nggak ada apa-apanya di banding secara langsung menyaksikan pelita hati kita tumbuh sehat, sempurna dan bahagia.

Senyum dan tawa mereka, adalah sebaik-baiknya pelipur lara :)

Dan bagi saya, mendekap erat Keanu entah saat dia butuh atau tidak adalah sebuah keharusan. Saya ingin menjadi tempat pertama saat ia mengeluh kelaparan setelah pulang sekolah, sekaligus menjadi wanita nomor wahid yang dia curhati tentang gebetan tercantik di usia remajanya nanti. 

Oh Keanu, secinta ini Ibu sama kamu...

Percayalah bahwa setiap wanita dan Ibu itu istimewa serta punya "taringnya" masing-masing. Jangan ragu untuk mulai belajar bagaimana memupuk rasa sabar dan syukur, sehingga kelak kamu pun akan terlatih dalam menjaga amanah terindah Tuhan, anakmu sendiri...


Terimakasih banyak ya, Nak... Berkat kamu, Ibu telah dilahirkan kembali menjadi manusia yang naik levelnya. Ibu dan Bapak mencintaimu, sampai kapanpun itu...

2 comments:

  1. aku terharuuuuuu, selamat ibuuu silvi semoga keanu jadi anak yg menyenangkan seperti ibunyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Aini! Thank u so much doanya, amiin... GBU too :**

      Delete