Saturday, August 4, 2018

# emina # nature republic

List Skincare yang Aman (Versi Saya) Saat Hamil


Ngomongin soal skincare emang nggak ada habisnya, ya. Apalagi buat kita-kita yang sehari-harinya riweuh sama debu, polusi sampai sinar matahari. Parahnya, ada lho yang belum sadar kalau ternyata penggunaan skincare yang tepat itu bisa buat investasi di masa depan, kalimat ini saya kutip dari beberapa beauty vlogger yang emang punya kulit super glowing dan bersih dari masalah-masalah umum kayak jerawat, kerutan halus atau flek hitam.

Tapi, kali ini saya nggak cuma mau bahas skincare secara umum aja. Yup, saya mau bahas skincare yang dikhususkan buat ibu hamil! Tahu sendiri dong, ibu hamil emang nggak boleh pakai sembarang skincare, terlebih kalau pengetahuan soal ingredients suatu produknya masih kurang, kayak saya ini.

PENTING!!!

Sebelumnya saya juga mau negesin juga nih kalau review skincare buat ibu hamil kali ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, setelah melewati konsultasi dengan dokter kandungan juga tentunya. Jadi kalau ada yang mungkin kurang cocok, ya maafkan ya...

Saya pun cuma pakai beberapa skincare karena kurang suka pakai rangkaian yang ber-step-step, ehe. Dan jujur, saya juga tipe bumils yang lebih suka tampil bare face buat keseharian. Even pakai bedak atau lipstik, saya jarang banget! Kecuali buat acara-acara tertentu, baru deh saya pakai make-up.

Okay, let's start the review!

Cetaphil Gentle Skin Cleanser, 60.000-350.000
Bisa klik di sini buat beli, ya...




Siapa yang nggak kenal dewanya skincare ini? Saya yang tadinya cuek pun akhirnya tergoda buat beli sekitar 4 bulanan yang lalu. Ya, berarti udah mau 5 bulan saya stay pakai skin cleanser yang bisa buat muka dan badan ini.

Saya sih emang nggak pakai produk ini buat badan karena masih cinta sama Biore, hahahaha! Tapi buat urusan cuci muka, saya sepenuhnya pasrah sama Cetaphil karena beneran bikin kondisi kulit muka jauh lebih baik dari sebelumnya.

Terlebih karena hamil, saya jadi lebih mantap pakai produk ini buat jaga-jaga kalau kulit breakout atau iritasi. Duh, secinta ini pokoknya!

Cetaphil ini emang nggak berbusa dan berbau wangi, jadi mungkin agak bikin 'nggak puas' pas cuci muka. Khususnya buat bumils yang punya kulit super berminyak, pakai produk ini agaknya perlu adaptasi lebih supaya benar-benar tahu manfaatnya, haha.
Eh, Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini udah dermatologyst recommended, lho!
Tapi nggak usah khawatir sih kalau menurut saya. Kenapa? Justru yang nggak berbusa dan berbau wangi inilah yang aman, karena berarti minim bahan-bahan kimia yang berbahaya buat kulit wajah. So, sabar dan nikmatin aja proses pemakaian sabun cuci muka kecintaan sejuta umat ini, ya!

Kalau soal pekejing, saya cukup suka sih karena Cetaphil ini punya berbagai macam size. Ada yang kecil sampai yang gede banget. Jadi pas gitu ya buat traveling atau stok di rumah. Good job, Cetaphil!

Utama Spice VCO, 45.000
Bisa klik di sini buat beli, ya...



Produk andalan yang pernah saya bahas di Instagram ini bekerja sangat baik di kulit saya. Why? Selain karena ingredients-nya super alami, yang saya suka dari VCO Utama Spice ini sama sekali nggak lengket dan langsung menyerap kurang dari semenit. Paling nyaman sih emang dipakai sebelum tidur karena lebih maksimal, daripada pagi yang biasanya bakal bercampur sama keringat. Tapi balik lagi sesuai kebutuhan sih.

Biasanya, saya olesin VCO Utama Spice ini di perut, payudara, tengkuk, pantat sampai telapak kaki. Kenapa sebanyak ini? Saya cuma nggak mau bagian-bagian tubuh tadi dehidrasi karena semenjak hamil, kulit jadi gampang kering banget. Terutama di bagian perut, pantat dan payudara buat mencegah stretchmark terlalu banyak.

Hasilnya? Lumayan banget buat relaksasi karena saya suka banget bau kelapa murninya. Daaaaaaan, gatal-gatal di kulit terutama sekitar payudara pun hilang dalam waktu sehari. Serius, ini nggak bohong!

Janna Skincare VCO, 55.000
Bisa klik di sini buat beli, ya...



Jadi ceritanya, saya emang langsung tergila-gila sama VCO semenjak hamil 6 bulan. Tapi sialnya, VCO Utama Spice ini susah banget ditemuin di Jogja dan waktu itu butuh hari itu juga jadi males beli online. Akhirnya iseng nyari, ketemu deh sama VCO Janna Skincare yang bisa COD, karena domisilinya di Jogja juga.

Jujur awalnya ragu soal formula, bau sama kecocokannya di kulit karena sudah terlanjur cinta sama yang punya Utama Spice. But surprisingly, VCO Janna ini CUCOK ABIS!

Aromanya nggak jauh beda sama yang punya Utama Spice, cuma kemasannya aja yang beda. Teksturnya pun sama persis. I'm so happy!

Oh ya, saya nggak pernah mengaplikasikan VCO di kulit muka. Khawatir bakal tambah oily dan rasanya risih aja kalau ada minyak-minyak gitu di muka, ehe... Tapi buat bagian tubuh lain, i recommend you buat pakai rutin!

Utama Spice Castor Oil, 38.500
Bisa klik di sini buat beli, ya...




Bumils sekalian pasti tahu deh kalau kandungan salicylic acid dan pemutih yang biasanya ditemuin di produk-produk anti jerawat itu kurang baik buat kehamilan. Selain iseng browsing di internet, saya juga udah nanya langsung ke dokter dan katanya emang iya begitu.
"Ibu hamil juga harus menghindari penggunaan salicylic acid. Zat ini dapat ditemukan pada produk anti jerawat, anti ketombe, face cream, toner, dan facial peels. Semakin tinggi dosisnya salicyclic acid dapat digunakan sebagi chemical peeling. Berdasarkan penelitian, penggunaan salicylic acid dalam bentuk oral dapat menyebabkan keguguran, kecacatan, pendarahan atau masalah liver dan jantung pada bayi."  source, http://beautynesia.id/4190
Tapi masalahnya, jerawat sama gatal karena iritasi kan harus diobati, ya? Kalau nggak, kebayang kan gimana stresnya bumils? Makanya, saya nggak mau spekulasi mendiamkan jerawat atau malah nekat pakai produk yang ada kandungan salicylic acid tadi. Lagi-lagi, i used Utama Spice product yang dijamin aman karena bahannya 100% alami. Yup, Castor Oil!

Walau mungkin masih asing banget di telinga, nyatanya Castor Oil ini udah lama populer karena fungsinya yang bejibun. Beberapa manfaat yang bisa saya rasain pas pakai Castor Oil ini sih jerawat jadi cepat kempes, muka jadi halus dan merah-merah karena iritasi berkurang banget.
Castor oil ini sifatnya anti bakteri, jadi cocok dipakai buat iritasi jenis apapun; jerawat, gatal-gatal, kulit ruam sampai luka akibat sayatan atau bara api.
Yang agak bikin kaget adalah tekstur Castor Oil ini, karena pekat dan agak lengket buat ukuran minyak. Jadi, pakainya emang harus secukupnya banget biar nggak ganggu atau nempel-nempel di bantal bahkan rambut. Kalau saya sih cuma aplikasikan di daerah yang berjerawat atau gatal, selebihnya saya biarin aja.

Btw, Castor Oil ini memang ajaib banget karena kandungan anti bacterial-nya. Hmmm, baunya emang agak kurang enak sih menurut saya, tapi tetap rutin saya pakai sebelum tidur karena emang berfungsi baik buat kulit muka.

Nature Republic Aloe Vera Soothing Mist, 85.000-120.000
Bisa klik di sini buat beli, ya...


Saya ini salah satu penggila toner! Setelah tahu kalau fungsinya bejibun, saya pun jadi rajin nyari-nyari merek toner dari brand mana yang paling cocok dan murah tentunya. Kalau sebelumnya saya pakai dari Benton yang BHA toner, kini saya beralih ke brand lain meski masih dari Korea. Bukan karena nggak cocok, saya cuma jaga-jaga aja karena katanya, kandungan BHA juga NGGAK DISARANKAN buat ibu hamil karena risikonya besar kayak penggunaan salicylic acid. Kan syerem, ya?

Makanya, saya langsung cepet-cepet nyari penggantinya dan jatuh pada Nature Republic Aloe Vera Soothing Mist!

Walaupun bukan pure toner, soothing mist ini punya banyak fungsi, kok. Yes, dia ini bisa jadi toner, moisturizer, face mist sekaligus setting spray. Nah, kan praktis banget tuh! Harganya juga lebih murah di banding yang punya Benton, jadi ya oke laaaah...

Kebetulan, saya juga suka sama produk-produk lidah buaya dari Nature Republic makanya nggak mikir dua kali buat beli. Oh ya, saya belinya di Shopee, tapi lupa nama olshop-nya, hiks. Tapi bisa dicari kok, pasti langsung banyak muncul asal pastikan kalau produknya ori ya, Bumils!

Emina Apricot & Sugar Face Scrub, 55.000
Bisa klik di sini buat beli, ya...




Seminggu dua kali, saya emang rutin scrubbing muka dari dulu. Entah kenapa, kerasa aja bedanya kalau kita rutin scrubbing sama nggak. Tentunya, muka jadi lebih alus dan cerah kalau kita mengamini bahwa scrubbing itu salah satu cara buat ngerawat muka selain ke salon.

Nah, karena saya orangnya parnoan, jatuhlah pilihan saya ke scrub mukanya Emina. Menurut saya, dia ini dupe-nya St.Ives yang aprikot itu, lho. Entah karena bau sama teksturnya (karena sebelumnya saya pernah beli yang share in jar).

Biji aprikot di Emina Face Scrub ini nggak terlalu kasar dan ukurannya pas, jadi nggak bikin muka kering atau iritasi. Pas deh dipakai dua minggu sekali!

Oh ya buat yang penasaran kenapa sih lagi-lagi Emina, saya cuma bisa nyengir kuda sambil bilang, abis murah dan berkualitas sih! Apalagi pas lagi hamil gini, salah satu produk lokal yang 'ramah' di kulit saya ya si Emina ini. Mungkin karena dia memang diformulasikan buat kulit remaja kali, ya? 


Quick Tips:
Kalau mau scrubbing itu jangan bersihin muka pakai tisu atau kapas dulu. Formula scrub akan jauh lebih bekerja saat muka kita dalam keadaan kotor atau banyak debu, jadi nanti bakal keliahatan lewat daki-daki yang keluar :)

Emina 'Grape Seed Olive' Face Mask, 37.000
Bisa klik di sini buat beli, ya...




FYI, saya lagi mulai suka sama masker-masker yang bau buah nih! Nggak tahu kenapa, seger dan bikin nagih maskeran aja gitu :) Khususnya yang peel off kayak Emina 'Grape Seed Olive' Face Mask ini. Mau nangis deh karena harganya murah banget buat ukuran masker seenak ini!

Saya rutin pakai seminggu sekali karena bikin muka langsung lembab dan lembut setelah dibilas. Nggak langsung bikin cerah atau gimana-gimana sih, cuma ya enak aja gitu pas megang muka.
Kandungan biji anggur dan olive oil-nya ini diklaim bisa melembabkan dan melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan; radikal bebas. Ajiiiiiib, apalagi buat saya yang saban harinya lewat jalan raya ~~
Cara pakainya pun persis kayak masker pada umumnya, asal bilasnya pakai air hangat aja biar lebih efektif menyerapnya. Tapi ini opsional, ya.

...

Nah, itu dia beberapa skincare yang saya pakai dan alhamdulilah cocok selama hamil. Murah-murah dan berkualitas sih kalau menurut saya, karena hasilnya beneran kelihatan di kulit.

Saya tunggu komentar atau bahkan ada teman-teman yang mau ngasih rekomendasi skincare bumils yang aman, tapi murah dan bagus, ehe...

See yaaaaaau!

No comments:

Post a Comment