Tuesday, December 20, 2016

# beauty # beauty blogger

7 Lokasi Belanja Potensial di Jogja Buat Dapetin Barang Murah & Berkualitas



Buat kamu yang berkesempatan liburan di Jogja, belanja pasti jadi salah satu tujuannya. Iya nggak? Iya 'kan? Iya dong?
Ngomong-ngomong soal belanja, banyak yang bilang kalau passion saya selain nggosip adalah belanja. Hunting barang-barang murah tapi tetap oke memang hobi saya sejak dulu, jadi ini bukan ilusi belaka. 

Eniwei, Jogja sendiri bisa dibilang lokasi cukup strategis buat memuaskan hasrat belanja. Selain banyak tempat yang bisa dikunjungi, harga-harganya juga nggak 'nyekik' banget karena Jogja merupakan salah satu tujuan wisata. Iya nggak sih? Hehe.


Nah, berdasarkan pengalaman saya selama sudah hampir 5 tahun di Jogja, berikut ini adalah 10 tempat potensial buat belanja atau sekadar cuci mata. Cekidot!


1. Progo; swalayan yang menjadi surganya Mbak-Mbak sampai Emak-Emak. Semuanya ada di sini!


Dibanding swalayan lainnya, Progo bisa dibilang paling oke karena selain murah, persediaan barang-barangnya juga lueengkap. Dari mulai perabot rumah tangga, kebutuhan pokok sampai souvenir khas Jogja ada semua di sana. 


Ibaratnya kalau kalian sedang ke Jogja dan mengajak keluarga, tempat ini paling cocok untuk dijadikan destinasi belanja. Ada spot toko elektronik yang bisa buat cuci mata Bapak-Bapak, zona bermain khusus anak-anak, sampai perabot rumah tangga yang super murah & lengkap buat pelepas penat Emak-Emak. Eits, counter baju dan aksesoris juga ada lho di Progo Swalayan.


Kalau spot favorit saya ada di lantai 3 (kalau nggak salah), di sana banyak souvenir dan benda-benda unik yang jarang ditemui di swalayan lain. Harganya? Start from 5.000 aja! Pokoknya setiap ke sana, saya bahagia.... :)


Location: sekitar Malioboro, Jogja


2. Buat yang kepengen belanja aksesoris unik berbau vintage dan shabby chic, Adele Aksesoris adalah tempat terbaik


Nggak seperti toko aksesoris pada umumnya, Adele ini terbilang sangat inovatif dan menyediakan banyak stok barang sesuai permintaan pasar. Dari mulai aksesoris anak sampai dewasa, di sana lengkap tersedia.


Harganya yang super duper murah dan melayani grosir, membuat Adele ini selalu ramai dan menjadi salah satu tujuan para kaum hawa buat menghabiskan akhir pekannya. Saya beberapa kali beli sisir, sikat alis dan kalung di Adele dengan harga yang bikin susah move-on alias malas pindah ke toko lain.


Mau beli oleh-oleh atau memanjakan diri sendiri dengan benda-benda unik nan vintage? Ke Adele, lalu belanjalah sepuasnya!

Location: Ruko Babarsari, Jogja


3. Suka sama benda-benda berbau budaya dan Jogja banget? Buruan deh ke Mirota Batik!


Berlokasi di sekitar Malioboro, kamu yang ingin cuci mata dengan benda-benda berbau budaya nggak akan kesusahan untuk menemukan Mirota Batik. Jangan kaget juga saat mulai masuk, kalian akan disambut dengan pegawai yang ramah dan bebauan sesajen khas Jogja.


Di sana menyediakan banyak benda unik dan klasik dengan harga yang ramah kantong. Ada sumpit, gelang, kalung sampai hiasan rumah yang berbahan dasar kayu. Nggak ketinggalan, tas-tas dari anyaman bambu sampai keris pun tersedia lengkap di Mirota Batik. Pokoknya kalau ke Jogja, wajib datang ke sini!


Location: Area Malioboro, Jogja


4. Deretan toko perak Kotagede, lokasi ciamik buat berburu perhiasan langsung dari pabriknya


Kalau biasanya kamu beli perhiasan di toko-toko emas atau mal, temukan sensasi berbeda ketika berkunjung ke deretan toko silver Kotagede. Jika beruntung, kamu akan bisa langsung menyaksikan proses pembuatan perhiasan perak yang ingin kamu beli. Plus, bentuk dan detail perhiasannya pun bisa kamu rekues sendiri. 


Soal harga, para penjual di sana nggak akan mematok angka terlalu tinggi, asal kamu pandai menawar dan sedang bejo. Hehehe.


Location: Kotagede, Jogja


5. Berburu baju-baju bekas dengan harga mulai 5.000 di Pujha Fashion; Surganya mahasiswa Jogja buat tampil kece tapi anti mainstream


Zaman sekarang sudah banyak berubah, khususnya dalam segi berpenampilan. Kalau dulu banyak orang berlomba untuk memakai baju mahal dari butik terkenal, kini justru baju-baju klasik atau preloved lah yang sering diburu. Bukan karena pelit atau apa, ya memang model bajunya saja yang bikin penampilan jadi paripurna.


And thank God, ada Pujha Fashion yang menyediakan semuanya. Dari baju yang rata-rata harganya dari 5.000-35.000 saja, kamu sudah bisa belanja puas dan jauh dari kesan foya-foya. Yang paling best seller di sana sih kemeja, blazer sama jaket parkanya. Penasaran?


Location: Jalan Kaliurang-Madukismo-Babarsari, Jogja


6. Pasar Klithikan, tempat jalan-jalan sekaligus berburu barang murah yang jarang ada di tempat lain


Banyaknya permintaan akan barang-barang murah tapi berkualitas menjadikan Pasar Klithikan banyak didatangi pelanggan. Nggak hanya sekadar cuci mata, di sana kamu juga bisa jalan-jalan santai karena tempatnya yang cukup luas.


Barang-barang yang dijual di sana juga bakal jarang ditemui di tempat lain saking uniknya. Seperti ikat pinggang klasik second, tas-tas kulit hingga velg motor langka, semuanya ada di sana. Harga? Cincai lah selama pandai tawar-menawar :)


Location: Jl. HOS. Cokroaminoto No. 34, Kuncen, Kasihan, Pakuncen, Wirobrajan, Bantul, Jogja 


7. One and only the best shopping location; Malioboro, Jogja


Sudah nggak asing lagi bahwa Malioboro adalah lokasi belanja, jalan-jalan dan cuci mata terbaik di Jogja. Banyaknya pedagang dari mulai makanan sampai pakaian juga mampu memanjakan liburanmu di Kota Pelajar, Jogja.


Berburu oleh-oleh juga bukan hal yang sulit karena hampir semua pedagang di sini menjualnya; gantungan kunci, kalung, gelang sampai bakpia. Kembali lagi, pintar-pintarlah menawar karena kalian bisa mendapat setengah harga dari yang ditawarkan. Lumayan 'kan?


Saran aaya, kalau ke Malioboro sempatkan mampir ke toko-toko ini supaya belanjanya makin puas dan nggak bingung:


  • Toko baju murah; Varia, You Girl, Makmur Jaya, Dinasty & Ramayana
  • Toko jam tangan; Gunung Mas
  • Toko kain, karpet dan kasur murah; Liman
Nah, sempatkan mampir juga ke Pasar Beringharjo (lokasinya masih sama dengan Malioboro) untuk membeli batik atau baju-baju khas Jogja yang murahnya nggak ketulungan. 
Location: Malioboro, Jogja

Gimana? Sudah dapat gambaran mau ke mana saja saat berkesempatan datang ke Jogja? Saya yang sudah 5 tahun di sini aja nggak bosan-bosan lho buat datang ke-7 tempat tadi saat bosan mau ngapain.

2 comments:

  1. Hmmmm, Adele masih di urutan kedua kalau menurutku. Yang pertama tetep Bella yang ada di kawasan Pasar Bringharjo. Mursida bambaaaang~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bella kurang strategis tempatnya Fa. Hehe. Padahal harganya worth it juga

      Delete